Percepat Waktu Penyelesaian Layanan, Balai Pengujian Khusus Obat dan Makanan Gelar Forum Konsultasi Publik Tahun 2025

23-04-2025 Umum Dilihat 62 kali

Jakarta, 23 April 2025 — Balai Pengujian Khusus Obat dan Makanan (BPKOM) kembali menggelar Forum Konsultasi Publik (FKP) Tahun 2025 sebagai bagian dari komitmennya dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik dengan mengusung tema ”Layanan Publik Era Baru : Digital, Transparan dan Responsif”. Kegiatan ini diselenggarakan pada Kamis, 17 April 2025, secara hybrid di Aula Gedung Eureka I, serta melibatkan dua Unit Pelaksana Teknis PPPOMN lainnya yaitu Balai Kalibrasi dan Balai Pengujian Produk Biologi dalam kolaborasi strategis.

Berdasarkan Permenpan No. 16 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyelenggaraan Forum Konsultasi Publik di Lingkungan Unit Penyelenggara Pelayanan Publik, FKP BPKOM Tahun 2025 menghadirkan berbagai pemangku kepentingan, baik dari internal maupun eksternal Badan POM, termasuk 5 unsur perwakilan masyarakat yaitu: pengguna layanan, ahli/praktisi/akademisi, instansi terkait, organisasi masyarakat sipil, dan media massa. Diskusi difokuskan pada evaluasi dan pembaharuan standar pelayanan publik, terutama terkait waktu penyelesaian layanan, sistem, mekanisme dan prosedur layanan pengujian agar lebih responsif terhadap kebutuhan serta harapan pelanggan.

Kepala BPKOM, Dwi Damayanti S,Si., Apt., M.Farm, dalam paparannya menyampaikan bahwa forum ini merupakan agenda rutin tahunan yang sangat penting dalam siklus peningkatan mutu layanan. "Melalui forum ini, kami menerima masukan langsung dari para stakeholder agar standar layanan BPKOM selalu relevan dan mampu memberikan pelayanan prima kepada masyarakat," ujarnya. Dengan metode pelaksanaan hybrid, forum ini juga memberikan akses yang lebih inklusif kepada peserta dari berbagai wilayah.

Masukan dan hasil diskusi dalam forum ini akan dijadikan dasar dalam penyusunan dan penetapan Standar Pelayanan Publik BPKOM Tahun 2025. Harapannya, layanan pengujian yang diberikan dapat mencerminkan profesionalisme dan kepedulian terhadap kebutuhan masyarakat serta memberikan pelayanan publik yang prima.

Sarana